Tips Agar Gitar Tidak Nyetrum

Tips Gitar Tidak Nyetrum  

Kesetrum saat bermain gitar listrik / elektrik

Pasti dari sekian banyak temen2 musisi pernah mengalami yang namanya kesetrum saat bermain gitar/bass baik dirumah atau distudio. Penyebab penyetruman bisa disebabkan oleh banyak hal,salah satunya adalah ampli yang bermasalah atau lebih dikenal dengan istilah ampli bocor.

Ampli bocor itu disebabkan karena lapisan isolasi kawat trafo yang kering meretak sehingga terjadi kebocoran arus listrik atau bisa juga berasal dari isolasi kabel catu-daya kering dan pecah sehingga permukaan tembaga kabel menyentuh casis/body.


Terus kenapa kita yang jadi korbannya alias kesetrum? nah pasti itu pertanyaan yang muncul grin emotikon .Pada dasarnya tubuh kita adalah konduktor(penghantar muatan listrik) yang baik, Semakin jauh titik gounding PLN semakin besar hambatannya, jika hambatan tubuh kita ke tanah lebih kecil dari hambatan kabel grounding PLN maka otomatis elektron lebih cendrung melewati tubuh kita.

Terus solusinya bagaimana? tenang bisa diakali kok.Cara yang paling mudah untuk mengantisipasi adalah dengan menempatkan isolator antara tubuh kita dengan tanah. Apa itu "isolator"? isolator adalah benda yang tidak dapat menghantarkan/menghambat muatan listrik. Contohnya karpet,kayu,karet,dll. Jadi kita bisa menempatkan isolator tersebut dilantai sebagai alas ampli dan kita bermain.

Cara lainnya adalah Dengan menancapkan ground amplifier ke dalam tanah. Sambungkan kabel ke sekrup body amplifier, ujungnya kabel masukkan ke tanah minimal sedalam 1 meter dan pada ujung tersebut disolder (supaya kuat) pelat logam (besi boleh, tembaga lebih bagus). Cara ini hanya berhasil untuk kebocoran arus kecil, sekitar 10mA. Untuk kebocoran arus besar harus ditanggulangi dengan memperbaiki sumber kebocoran. Kalo bocornya sudah gede, saya sarankan bawa ke tukang servis aja deh, biar diperpaiki/diganti sumber kebocorannya, hehe daripada resiko kena setrum bro..

2 Komentar untuk "Tips Agar Gitar Tidak Nyetrum "

Artikel Yang Terkait

Back To Top