Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer

 Jaringan Komputer adalah himpunan "interkoneksi" antara 2 komputer automous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainnya restart, shutdown, atau melakukan kontrol lainnya, maka komputer-komputer tersebut bukan autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh).

    Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan (hardisk , floopydisk, cd-rom, flashdisk, microsd, dll). Data yang berupa teks, audio maupun video bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar (sharing)  file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware / software yang terhubung dalam jaringan secara bersama - sama.
     
    Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut dengan node. Sebuah jaringan komputer sekurang - kurangnya terdiri dari dua unit komputer atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputer, ribuan, atau bahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain. Didalam jaringan komputer dikenal sebagai sistem koneksi antarnode yaitu:
  • Peer to Peer
          Jaringan yang terdiri dari beberapa komputer , biasanya tidak lebih dari 10 komputer
  • Client Server
          Jaringan yang hanya satu unit komputer berfungsi sebagai server yang bisa memberikan layanan                terhadap komputer client lainnya . Akses dilakukan secara transparan dari client dengan  melakukan             login terlebih dahulu ke server.


Manfaat Jaringan Komputer

    Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokan menjadi dua yaitu:

1. Kebutuhan Perusahaan
2. Jaringan untuk Umum

1. Tujuan utama terbangunnya Jaringan pada suatu Perusahaan adalah :
Resource Sharing yang bertujuan seluruh program, peralatan, data yang dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh olej lokasi resource dan pemakai.

High Reability keandalan tinggi yang diperoleh karena tersedianya sumber daya alternatif. Misal semua file dapat disalin (back-up) ke semua mesin , sehingga jika salah satu mesin mati file akan tetap dapat diakses dari mesin lain yang masih aktif . Selain itu dengan adanya CPU yang banyak maka bilah salah satu CPU tidak dipakai, maka CPU lain akan mengambil alih tugasnya, walaupun tugasnya menjadi menurun. Kemampuan melanjutkan pekerjaan saat mendapatkan masalah pada perangkat keras adalah suatu hal yang sangat penting.

Saving Money ( menghemat uang ). Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibanding dengan komputer yang besar. Komputer mainframe kira-kira memiliki kecepatan 10x lipat kecepatan komputer pribadi, tetapi harga komputer mainframe 10x lebih mahal.


2. Manfaat Jaringan Komputer untuk Umum :
 Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan dirumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu :
  1. Akses ke informasi yang berada ditempat lain seperti akses berita hari ini , info e-goverment, e-commerce atau e-business, semuanya bisa uptodate
  2. Komunikasi orang ke orang ( Person to Person ) seperti e-mail, chatting, video call, dll.
  3. Hiburan interaktif , seperti nonton tv online , radio streaming , download film / lagu , dll.















Tag : Jaringan
0 Komentar untuk "Pengertian dan Manfaat Jaringan Komputer"

Artikel Yang Terkait

Back To Top