Pengertian Routing Statik dan Dinamik

Pengertian Routing Statik dan Dinamik

Secara umum mekanisme koordinasi routing dapat dibagi menjadi dua, yaitu Routing Statik dan Routing Dinamik

Routing Statik adalah pengaturan routing paling sederhana yang dapat dilakukan pada jaringan komputer. Menggunakan routing statik murni dalam sebuah jaringan berarti mengisi setiap entri dalam forwarding table di setiap router di jaringan tersebut.

Penggunaan Routing Statik dalam sebuah jaringan  yang kecil tentu bukanlah suatu masalah ,, kan hanya beberapa entri saja yang kamu masukan ,, tapi kalo dalam jaringan besar yaaa,, tangan kamu pegel banget harus setting sebanyak entri yg ada hehehee..,, kan malah jadi repot,,, tapi berbeda dengan Routing Dinamik


Routing Dinamik yaitu cara yang digunakan untuk melepaskan kewajiban mengisi entri-entri forwarding table secara manual. Protokol routing mengatur  router-router sehingga dapat berkomunikasi satu dengan lain dan saling memberikan  informasi routing yang dapat mengubah isi forwarding table , tergantung keadaan jaringannya. Dengan  cara ini router- router dapat  mengetahui keadaan jaringan terakhir dan mampu meneruskan datagram ke arah yang benar. Dengan kata lain , routing dinamik adalah proses pengisian data routing  di table routing secara otomatis.
0 Komentar untuk "Pengertian Routing Statik dan Dinamik"

Artikel Yang Terkait

Back To Top